Harga TBS di Riau Terus Anjlok
Kategori : Berita DMSI Posted : Selasa, 13 November 2018

http://rri.co.id

rri.co.id

13 November 2018

By Tongkulem Siregar

http://rri.co.id/post/berita/598169/ekonomi/harga_tbs_di_riau_terus_anjlok.html

 

Harga TBS di Riau Terus Anjlok

KBRN, Pekanbaru : Harga Tandan Buah Segar (TBS) kepala sawit terus anjlok, akibat penurunan harga yang terus terjadi. Penurunan harga secara eksternal dipengaruhi menurunnya harga minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) terutama didorong proyeksi peningkatan stok minyak kelapa sawit di Malaysia dan Indonesia serta koreksi harga minyak mentah dan minyak kedelai.

Hal itu merupakan kesimpulan hasil rapat tim penetapan harga TBS kelapa sawit di Provinsi Riau, Selasa (13/11/2018) yang dipimpin oleh Kepala Seksi Promosi dan Penjaminan Mutu, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau, Tengku Neni Mega Ayu.

Dia menjelaskan, selain itu, penyebab lainnya adalah peningkatan produksi dan stok dari Indonesia dan Malaysia secara jelas membebani harga.

"Penurunan harga minyak dunia yang cenderung menekan harga CPO, biofuel merupakan salah satu substitusi utama bagi bahan bakar minyak. Saat harga minyak dunia anjlok maka produksi biofuel menjadi kurang ekonomis, otomatis menjadi sentimen menurunnya permintaan CPO sebagai bahan baku biofuel," urainya.

Menurutnya, penurunan tersebut semakin maka harga semakin anjlok, karena sudah merupakan kesekian kalinya, apalagi harga sudah di level Rp 1300 per kilo gram.

"Turun lagi. Rapat juga menetapkan harga TBS kelapa sawit penetapan periode 14 - 20 November 2018 mengalami penurunan pada setiap kelompok umur kelapa sawit, penurunan terbesar pada kelompok umur 10 - 20 tahun yang turun sebesar Rp 145,72/kg atau mencapai 9,98 persen dari harga pekan lalu, sehingga harga tbs kelompok umur 10 - 20 tahun periode pekan ini menjadi Rp 1.314,13/kg," jelasnya.

Sedangkan penurunan harga TBS yang disebabkan oleh faktor internal adalah penurunan harga TBS pekan ini sangat dipengaruhi oleh penurunan harga jual CPO dan kernel periode sebelumnya dari seluruh perusahaan sumber data. Penurunan harga kali ini tercatat lumayan besar. 

"Untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami penurunan sebesar Rp 535,70/Kg, Astra Agro Lestari Group mengalami penurunan harga sebesar Rp 599,09/Kg, Asian Agri Group mengalami penurunan harga sebesar Rp 496,35/Kg, PT. Citra Riau Sarana mengalami penurunan harga sebesar Rp 375,00/Kg, dan PT. Musim Mas mengalami penurunan sebesar Rp 488,00/Kg dari harga minggu lalu."

"Sedangkan untuk harga jual kernel, Sinar Mas Group mengalami penurunan sebesar Rp 401,90/Kg, Astra Agro Lestari Group mengalami penurunan harga sebesar Rp 584,55/Kg, Asian Agri Group mengalami penurunan harga sebesar Rp 546,33/kg, dan PT. Citra Riau Sarana mengalami penurunan sebesar Rp 431,00/Kg dari harga pekan lalu," Tengku Neni Mega Ayu.

Bagikan

RELATED POST

Event

Pengunjung